18 December 2012

DNS Benchmark : Pencari DNS Terbaik Untuk Internet Tercepat

DNS Server adalah Server yang berfungsi menangani translasi penamaan host -host ke dalam ip address, begitu juga sebaliknya dalam menangani translate dari ip address ke hostname

DNS server akan mempengaruhi kecepatan internet Anda. Karena itu, salah satu cara untuk mengoptimalkan kecepatan internet adalah dengan menggunakan DNS Server terbaik. Lalu bagaimana menentukan DNS server terbaik?
Untuk mencari DNS server yang terbaik, Anda bisa menggunakan software "DNS Benchmark". Sebuah freeware tanpa instal, yang penggunaannya pun cukup mudah. Berikut capture-nya :

Bagi Anda yang ingin mencoba silahkan download di web resminya berikut :

Sedangkan untuk cara menggunakannya, berikut petunjuknya.
Setelah file-nya Anda download, jalankan program tersebut. Berikut tampilan awalnya.

Kemudian klik "Nameservers". Di sana akan ada daftar server yang siap di proses. Dua daftar teratas adalah DNS server yang saat ini Anda pakai.

Untuk memulai proses pengujian, klik "Run Benchmark". Maka proses dimulai. Tunggu saja hingga selesai.

Setelah selesai akan muncul daftar DNS server terbaik untuk server internet Anda. Ada gambar lingkaran di sebelah kanan nomor DNS Server. Yang berwarna hijau berarti bisa dipakai, sedangkan yang merah tidak. Untuk DNS Server terbaik ada di urutan teratas. Anda bisa menggunakan DNS server tersebut.

Untuk mengganti DNS Server, bagi Anda yang sudah bisa mungkin tak perlu membaca petunjuk berikut. Namun yang masih bingung berikut petunjuknya.
Buka Control Panel -> Network and Sharing Center
Kemudian klik "Change adapter settings", di sebelah kiri.

Pilih koneksi internet yang Anda gunakan kemudian klik kanan, dan klik "Propertise"

Pilih tab "Networking", kemudian pilih "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)", dan klik "Propertise".


Centang "Use the following DNS server address :", selanjutnya isikan "Preffered DNS Server" dan "Alternate DNS server" dengan dua hasil teratas dari DNS Benchmark tadi. Klik OK dan proses selesai. Cek internet Anda untuk mengujinya.


Demikian tips saya kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih ...

2 comments: