11 October 2012

Client for Google Translate 6.0.612 : Cara Mudah Menggunakan Google Translate

Saya rasa, Google Translate sudah tidak asing lagi bagi Anda. Google Translate adalah sebuah website yang beralamat di "translate.google.com", merupakan website yang berguna untuk menterjemahkan suatu bahasa ke bahasa lainnya. Sebenarnya cara menggunakannya cukup mudah, namun kadang proses membukanya yang cukup repot. Anda harus menjalankan browser, lalu membuka alamat website tersebut. Baru kemudian Anda bisa menggunakannya. Kelemahan lainnya adalah jika Anda ingin menterjemahkan teks dari halaman website, aplikasi office dll, Anda harus copy-paste teks tersebut.

Sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah untuk menggunakan fasilitas Google Translate, yaitu dengan menggunakan Client for Google Translate 6.0.612. Adalah sebuah software/ program yang berfungsi sama seperti Google Translate, namun berupa window (jendela) sendiri. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi dengan harus menjalankan browser, dan membuka alamat website-nya. Namun Anda tetap harus online untuk menggunakannya.


Kelebihan lain dari Client for Google Translate adalah, Anda bisa langsung terjemahkan teks dari aplikasi browser, aplikasi office, bahkan notepad, dll. hanya dengan memblok teks kemudian klik icon    yang muncul , dan akan keluar hasilnya di aplikasi tersebut.




Namun hal tersebut bisa dilakukan jika sebelumnya Anda sudah mengaturnya. Caranya buka aplikasi yang ingin diterjemahkan teksnya, kemudian klik kanan icon Client for Google Translate di System Tray Icon. Selanjutnya klik paling atas "Enable in ........." (titik-titik adalah nama aplikasinya).

Secara default, Client for Google Translate sudah mengatur bahasa asal dan tujuan berdasarkan bahasa yang terinstal di komputer/ laptop Anda. Namun Anda bisa mengaturnya sendiri.

Ada dua versi dari Client for Goolge Translate, yaitu versi Free dan Pro. Namun untuk yang free saya rasa itu sudah cukup, jika hanya untuk menterjemahkan saja. Berikut adalah link untuk download Client for Google Trnaslate 6.0.612 (versi saat ini). Link lansung ke website resminya, sehingga mungkin versinya bisa lebih baru.


Sekian tips saya kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment