29 November 2012

doPDF 7.3.387 : Converter Ms. Word to PDF dan Printable File to PDF

doPDF adalah sebuah freeware dan aplikasi sederhana yang mampu mengubah format semua file yang dapat di print (Printable) ke format PDF. Dari file Microsoft Word, PowerPoint, Excel, hingga file gambar dan file lainnya dapat diubah formatnya menjadi PDF. Hasil pengubahan format file ke PDF akan sama persis dengan aslinya, baik ukuran, font, dan lainnya.


Jika Anda ingin mencoba, berikut link untuk men-download-nya :


Cara penggunaannya cukup mudah. Ada dua cara untuk mengubah file ke format PDF. Berikut petunjuknya.

Yang pertama adalah dengan membuka file yang bisa di print tadi, misal Microsoft Word, PowerPoint, gambar dan lainnya. Sebagai contoh berikut saya buka file Microsoft Word.


Selanjutnya klik File (logo Ms. Office berbentuk lingkaran) kemudian klik "Print".


Akan muncul halaman pengaturan print. Pilih printer "doPDF v 7", kemudian klik "OK"


Atur lokasi tempat menyimpan hasil pengubahan dan pengaturan lainnya. Untuk lokasi tempat menyimpan file secara otomatis akan berada di tempat yang sama dengan file aslinya. Jika sudah klik "OK".

 

Jika pada pengaturan sebelumnya Anda centang "Open PDF in reader", maka setelah proses selesai hasilnya langsung akan dibuka.


Cara yang kedua adalah dengan menjalankan aplikasi doPDF. Caranya bisa lewat Start Menu atau shortcut di Desktop.

Kemudian isi nama file atau Anda bisa browse file tersebut. Jika sudah, klik "Create" maka setelah selesai file Anda kini menjadi PDF. Hasilnya sama seperti cara yang pertama.


Demikian tips saya kali ini. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment