06 December 2012

Speech Recognoition : Cara Menggunakan Komputer Dengan Suara

Saat ini sudah banyak peralatan seperti HP dan lainnya yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan perintah suara. Bagi Anda yang menggunakan komputer, sebenarnya juga bisa memerintahkan komputer untuk mengerjakan sesuatu hanya dengan perintah suara. Dengan perintah suara ini, Anda bisa menggantikan fungsi mouse dan keyboard. Seperti memilih sesuatu, bahkan mengetik di Ms. Word, Notepad, dan lainnya. Semua itu bisa dilakukan dengan bantuan sofware Windows yang otomatis terinstal yaitu Speech Recognitions.


Untuk melakukan itu berikut caranya :

Yang pertama, pastikan mic sudah terhubung di komputer Anda. Untuk mengeceknya, buka Control Panel


Kemudian klik "Sound". Pilih tab "Recording", kemudian pilih mic yang Anda gunakan. Cobalah berkata sesuatu, hingga mic mendengarnya. Jika ada warna hijau muncul di volume bar pada mic tersebut, berarti mic siap digunakan.


Secara default, suara yang diterima mic diatur agar tidak terdengar di speaker komputer. Untuk mengaturnya, klik "Propertise". Kemudian pada tab "Listen", centang "Listen to this device". Kemudian klik "OK" Sekarang coba mic Anda.


Langkah selanjutnya adalah kembali ke Control Panel, kemudian klik "Speech Recognition"


Sebelum memulai menggunakan Speech Recognition, ada baiknya Anda belajar dulu tentang bagaimana cara menggunakannya. Yaitu dengan klik "Take Speech Tutorial". Ikuti terus petunjukknya hingga selesai. Setelah Anda paham kini saatnya untuk praktek.


Untuk menjalankan Speech Recognition, pada menu Control Panel sebelumnya, klik "Start Speech Recognition". Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.





Pada kondisi tersebut, Speech Recognition belum menyala. Untuk menyalakannya klik gambar mic disebelah kanan. Tunggu sebentar dan Speech Recognition siap digunakan.



Sekian tips saya kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih ...

4 comments:

  1. gan di laptop saya kok kotak dialog Speech Recognition nya besar bgt ...??
    gmn nyettingnya biar kecil gan ..??

    ReplyDelete
  2. min, gimana cara menon aktifkannya jika saya sudah berhasil menggunakannya...

    ReplyDelete
  3. min, gimana cara menon aktifkannya jika saya sudah berhasil menggunakannya...

    ReplyDelete