12 January 2013

Cara Menonaktifkan Mini Toolbar dan Live Preview di Ms. Word

Pada Microsoft Word terdapat fitur "Mini Toolbar" dan "Live preview". Bagi yang sering menggunakannya memang fitur ini sangat membantu, namun bagi pengguna Ms. Word lainnya merasa terganggu dengan adanya fitur ini termasuk saya. 

Mungkin Anda bingung dengan yang dimaksud Mini Toolbar dan Live Preview. Mini toolbar adalah suatu toolbar yang muncul ketika Anda memilih teks atau memblok teks. Dari toolbar ini Anda bisa mengubah font, style font, alignment dan lainnya.


Sedangkan Live Preview adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat perubahan pada dokumen hanya dengan mengarahkan kursor mouse ke nama style.


Bagi Anda yang merasa terganggu dengan kedua fitur tersebut, berikut tips untuk menonaktifkannya.

Yang pertama dan tentunya Anda sudah menjalankan aplikasi Ms. Word. Kemudian klik File atau logo Ms. Word di pojok kiri atas. Selanjutnya klik "Word Options" di sebelah bawah.


Pada tab General, hilangkan centang pada "Show Mini Toolbar on selection" untuk menonaktifkan Mini Toolbar. Dan hilangkan centang pada "Enable Live Preview" untuk menonaktifkan Live Preview.


Setelah itu jangan lupa klik "OK" untuk menerapkan pengaturan. Anda tidak perlu me-restart Ms. word karena fitur tersebut akan dinonaktifkan segera.

Untuk mengeceknya, silahkan pilih atau blok teks, maka fitur Mini Toolbar tidak lagi muncul.


Dan ketika memilih Style Set atau opsi lainnya, Ms. Word tidak lagi menunjukkan tampilannya dengan Live Preview.

Sekian tips saya kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih ...

No comments:

Post a Comment